Rabu, 17 Juli 2013

KITA ADALAH SEJARAH



Diiringi sorotan kuat cahaya mentari tadi pagi, saya selalu menyempatkan melihat pemandangan desa di tepi telaga yang indah ini. Diwaktu yang sama saya dengan tidak sengaja selalu berfikir tentang pemandangan sapi dimandikan itu. Tidak bisa dibantah semua ini pasti akan menjadi sebuah masa lalu. Dan bagi kalangan tertentu kejadian seperti ini juga-lah yang disebut sebagai sejarah.
          Sedikit blur rasanya ketika aku teruskan uneg-uneg tadi. Pertama, tentang nasib para sejarawan besok. Kalau sejarawan sekarang masih pantas di sebut sebagai ahli riset dimensi lain karena mereka harus melalui proses  heuristik (pencarian), verifikasi (kritik), intrepetasi, dan historiografi dalam menentukan keabsahan sebuah kejadian di masa lampau. Namun kalau para sejarawan besok apa yang perlu di proses, mengetahui semua kejadian saat ini semua sudah jelas dan akan awet sampai kapanpun yang tak lain adalah akibat dari hadirnya kamera video dan lain sebagainya.
          Dalam bagian lain, sejarawan masa depan masih akan eksis tapi dengan kenyataan yang sangat berbeda dengan saat ini. Kalau saat ini mungkin kebanyakan para sejarawan masih kesulitan untuk menentukan bentuk, rupa atau yang berhubungan dengan itu dalam menentukan sebuah riset tertentu karena memang pada saat itu belum ada kamera, jadi penelitian mereka sebatas sisi exteriornya saja. Dan jika kita hubungkan dengan sejarawan masa depan, pastinya mekanisme serta objeknya akan beda. Sejarawan masa depan tidak akan bingung dengan keadaan fisik sebuah objek, namun mereka akan lebih masuk tentang keadaan psikologi, kecenderungan individual, hasrat saat itu, dan lain sebagainya yang pastiny semua itu belum ada di zaman sekarang.
          Seiring dengan berkembanganya zaman, apa yang sekarang tidak terbesit dipikiran orang-orang jenius pun besok akan menjadi proyek besar bagi mereka. mungkin saja di masa depan sudah ada alat pengubah wajah dan bentuk, sehingga mereka akan sibuk dengan meneliti satu persatu manuskrip dan menelitinya apakah perubahan itu ada atau tidak pada saat ini. Dan pastinya kan belum ada.
          Dan seharusnya itulah PR besar buat kita, untuk menemukan sesuatu yang akan di anggap biasa di masa depan, jarang di sadari hadirnya, tapi sangat bermanfaat. Saya yakin pada 3500 SM silam masyarakat di selatan polandia jarang ada yang menyadari betapa pentingnya hadirnya sebuah roda dalam kehidupan mereka, tapi saat ini bisa diliat betapa ruwetnya kehidupan kita jika tanpa roda.
          Pada saat itu mungkin tidak terbesit dalam pikiran mereka kalau mereka bakal menjadi sejarah yang penting bagi kehidupan dunia, tapi nyatanya itulah salah satu sejarah yang luar biasa. Jadi, tidak menutup kemungkinan juga kita sekarang adalah sejarah yang luar biasa untuk masa depan. Minimal sejarah untuk keluarga kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar